Beranda Kesehatan 5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

194
0
5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

ZEROid5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan. Zaitun adalah salah satu buah yang paling dinikmati di seluruh dunia. (Baca juga: 5 Cara Aman Menangkal Nyamuk)

Walaupun rasanya pahit tapi sering digunakan dalam persiapan membuat salad. Buah sehat ini dikenal karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu zaitun baik bagi kesehatan badan.

Baca juga: Tangani Autis dengan Terapi Dini Terpadu dan Intensif

Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

Manfaat buah zaitun untuk kesehatan sangat banyak. Buah ini membantu menghilangkan kolesterol, tekanan darah dan menjadi sumber maupun serat alternatif sayuran dan buah-buahan. Buah zaitun kaya akan Vitamin E. Vitamin ini berguna sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas.

Jika mengonsumsi buah zaitun secara teratur, Anda dapat mengurangi efek dari penyakit degeneratif seperti alzheimer. Zaitun juga mencegah penggumpalan darah pada tubuh dan melindungi membran sel dari kanker. Dilansiri dari Boldsky, berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi buah zaitun secara teratur.

Baca juga: Tanaman Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

1Kesehatan jantung

Zaitun memiliki beragam antioksidan yang melindungi sel-sel dari stres oksidatif. Antioksidan di dalamnya melindungi kesehatan jantung dengan menetralisir radikal bebas. Asam lemak yang ada di dalam buah zaitun baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Manfaat 3 Jenis Gingseng Joss Berikut

2Pencegahan kanker

Zaitun kaya akan antioksidan dan nutrisi anti-inflamasi yang dapat menurunkan risiko terkena kanker terutama kanker payudara.

3Menurunkan berat badan

Selain menjaga kesehatan jantung, zaitun juga membantu menurunkan berat badan. Asam lemak pada buah zaitun membantu dalam penurunan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, buah zaitun bermanfaat mengurangi berat badan dalam mendukung program diet.

Baca juga: Manfaat kersen keres untuk kesehatan

4Kesehatan pencernaan

Zaitun yang kaya akan asam maslinic dan senyawa triterpenoid. Asam ini menghambat pertumbuhan sel-sel kanker usus besar. Karena zaitun merupakan sumber serat yang baik, maka buah ini sangat baik untuk proses pencernaan.

Baca juga: Ini Alasan Jangan Minum Air Putih Setelah Makan Pedas

5Mencegah anemia

Zaitun merupakan sumber zat besi yang baik dan komponen mineral penting dari hemoglobin. Lalu hemoglobin mengangkut oksigen dari paru-paru dan menyebarkan ke seluruh tubuh. (Andrew Hidayat/ZEROid)

Penulis: Andrew Hidayat 
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here