Beranda Lifestyle 5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

213
0
5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman - Andrew Hidayat (AndrewHidyat.com)
5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman - Andrew Hidayat (AndrewHidyat.com)

Zero – 5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman. ‘Aman gak sih belanja online?’ Pertanyaan yang mungkin sudah seringkali kita dengar karena diucapkan oleh beribu-ribu pengguna internet.

Berikut 5 tips belanja online yang bisa menjawab pertanyaan diatas:

1Cari tahu tentang situs dimana kita akan berbelanja

Tips ini wajib dilakukan kalau Anda akan berbelanja di situs yang Anda sendiri masih asing. Periksa nomor telepon si penjual dan jangan ragu untuk menghubunginya secara langsung.

Gunakan Google atau mesin pencarian lainya untuk mencari tahu kredibilitas situs tersebut. Baca ulasan dari konsumen mereka dan apabila Anda melihat ada sesuatu yang janggal, lebih baik exit browser Anda.

2Baca petunjuk dan cara berbelanja di situs tersebut.

Setiap situs memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda. Pastikan Anda mengerti tentang semua proses dari A sampai Z agar Anda tidak merasa rugi dikemudian hari apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan

3Jangan cepat tergiur dengan diskon besar atau barang dengan harga murah

Apabila situs belanja online yang Anda kunjungi punya reputasi bagus, silahkan lanjutkan proses belanja Anda. Namun apabila ini situs baru dan begitu banyak barang murah bertebaran (dimana sebetulnya Anda tahu bahwa harga pasaran dari barang tersebut adalah lebih tinggi), Anda harus berhati-hati!

4Gunakan komputer pribadi

Usahakan untuk menggunakan komputer pribadi apabila Anda akan melakukan transfer online, mobile payment, atau pun segala jenis dan bentuk transaksi online. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan data dan keamanan Anda.

5Asuransikan barang Anda

Biasanya setelah pembayaran Anda lakukan, penjual meminta Anda untuk mengirimkan bukti bayar agar barang belanjaan Anda bisa segara dikirimkan.

Nah, kami sarankan untuk Anda mengasuransikan barang Anda pada saat akan dikirimkan. Beritahukan kepada penjual bahwa Anda ingin barang tersebut diasuransikan ketika akan dikirim. Biasanya memang ada tambahan biaya sedikit, tapi hal ini tentu saja untuk kebaikan Anda sendiri.

Barang yang hilang atau rusak ditengah jalan tanpa asuransi tentu akan membuat Anda menyesal. Serta jangan lupa pastikan untuk meminta nomor resi pengiriman yang jelas ya!

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here