Beranda Kesehatan 7 Cara Tepat Tetap Sehat Saat Musim Hujan

7 Cara Tepat Tetap Sehat Saat Musim Hujan

57
0
7 Cara Tepat Tetap Sehat Saat Musim Hujan
7 Cara Tepat Tetap Sehat Saat Musim Hujan

ZERO.id – 7 Cara Tepat Tetap Sehat Saat Musim Hujan. Sebagian orang merasa was-was saat musim hujan tiba. Padahal hujan merupakan berkah dari yang kuasa, namun memang tidak bisa di pungkiri sederat penyakit banyak  yang mengintai saat musiim hujan datang, seperti  flu, diare, demam berdarah, dan lainnya.

Hadirnya bermacam penyakit tersebut adalah hal yang wajar, pasalnya sinar matahari yang biasanya bisa membunuh kuman acap kali terhadang awan gelap. Oleh karena itu, pastikan  Anda harus tetap fit dan menjaga daya tahan tubuh Anda dengan baik. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diikuti.

1. Banyak minum air putih

Air putih adalah zat detoksifikiasi alami yang murah meriah dan mudah didapat. Air putih juga membuat kulit tampak segar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi.

2. Cukup istirahat

Kurang tidur akan menyakiti tubuh Anda dan tidak memberikan organ tubuh Anda kesempatan untuk merecharge sel-sel mereka. 6-8 jam adalah waktu ideal yang bisa Anda berikan untuk tidur setiap harinya.

3. Hindari virus masuk ke tubuh Anda

Pastikan Anda senantiasa bersih sepanjang hari. Cuci tangan Anda setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Jika Anda baru kembali dari luar ruangan, cuci baik tangan dan kaki Anda. Hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut Anda. Siapkan cairan pembersih antikuman setiap saat, terutama saat keluar rumah.

4. Jangan makan sembarangan

Berhati-hati dalam menyantap makanan, hindari tempat penjual makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Perbanyak serat dan makan makanan yang mengandung vitamin, seperti buah dan sayuran. Kalau perlu, tambah dengan multivitamin.

5. Pastikan Anda cukup hangat

Ini berkaitan dengan kenyamanan Anda. Jika Anda kehujanan dan kedinginan, Anda akan merasa lemah dan sugesti ini membuat Anda benar-benar terserang penyakit. Kenakan jaket atau pakaian yang tebal untuk melindungi tubuh dari suhu dingin. Kalaupun harus menerjang hujan, gunakan payung atau jas hujan. Jika Anda suka, boleh juga membalurkan minyak kayu putih di tubuh. Untuk menghangatkan tubuh dari dalam, semangkuk sup hangat atau segelas jahe boleh juga dicoba.

6. Jemur pakaian sampai kering

Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan, karena matahari seakan tak mau bersinar. Meski begitu, cari cara agar cucian Anda bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa dengan mudah menjadi sarang berbagai bakteri yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

7. Tetap berolahraga

Cuaca yang tidak bersahabat seringkali menjadi penghalang aktivitas olahraga outdoor Anda. Akibatnya intesitas olah raga akan berkurang. Untuk meyiasatinya Anda bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik dengan panduan video, sit up, atau skipping (lompat tali) dan olah raga indoor lainnya.

Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati. Karena Anda butuh energi lebih untuk menghadapi segala kemungkinan yang muncul di musim hujan ini, maka lebih baik Anda memastikan bahwa tubuh Anda dalam keadaan terbaik. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari pun bisa dilakukan dengan lancar, tak peduli hujan menghadang.

Cukup mudah bukan? Wasapada walau musim hujan datang, segala aktivitas Anda janganm sampai tertunda dan kacau balau. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here