Beranda Lifestyle Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money

Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money

155
0
Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

ZEROidBelanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membuat segalanya menjadi mudah. Dari mulai mencari informasi, berinterkasi atau berkomunikasi dan bahkan berbelanja bisa Anda lakukan dengan bantuan teknologi ini. (Baca juga: 5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman)

Khusus dalam hal berbelanja, sekarang ini Anda tidak harus pergi ke dept store atau pasar untuk membeli sejumlah kebutuhan, karena Anda bisa mendapatkan segala kebutuhan tersebut dengan cara belanja online.

Itulah keajaiban teknologi, dimana segala batasan-batasan yang beberapa dekade lalu tidak pernah terpikirkan, kini semuanya nyata dan ada di depan mata.

Trend belanja online ini semakin hari semakin berkembang, berbagai kebutuhan pun bisa Anda dapatkan dengan mudah, dari mulai keperluan fashion, alat-alat kecantikan, barang elektronik dan bahkan sampai makanan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Baca juga: 10 Sifat Cewek Yang Membuat Cowok Tambah Sayang

Apa itu e-Money

Hal inilah yang akhirnya membuat beberapa pakar teknologi berinovasi dengan menciptakan alat pembayaran online yang disebut dengan nama e money. Electronic Money atau e money ini memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan alat pembayaran elektronis lainnya seperti kartu kredit, kartu debet atau bahkan Paypal dan yang serupa dengannya.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan menggunakan e money ini tidak membutuhkan proses otorisasi dan tidak terkait secara langsung dengan rekening Anda di bank. Hal tersebut karena alat pembayaran ini merupakan produk stored value yang mana sejumlah nilai monetary value ini secara langsung akan terekam langsung di dalamnya.

Selain itu, penggunaan e-money ini diklaim akan mampu memberikan banyak sekali manfaat jika dibandingkan ketika Anda bertransaksi dengan menggunakan uang tunai ataupun ketika Anda menggunakan kartu kredit ataupun kartu debet, khususnya untuk nilai transaksi yang berupa uang pecahan atau uang kecil.

Salah satu keunggulan lain dari e-money ini adalah, Anda tidak perlu mempunyai sejumlah uang pas untuk bertransaksi atau Anda tidak harus menyimpan uang kembalian ketika bertransaksi dengan harga yang kecil.

Selain itu, kesalahan ketika menghitung uang kembalian dari suatu transaksi yang Anda lakukan juga dapat diminimalisir dengan baik oleh alat pembayaran ini.

Untuk Anda pemegang kartu e money, Anda juga bisa melakukan isi ulang kartu Anda dari rumah melalui telepon, hal inilah yang membuat Anda tidak perlu lagi mengambil uang tunai melalui ATM atau tidak harus mengantri di bank.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah transaksi juga akan jauh lebih singkat jika dibandingkan ketika Anda bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau kartu debit, hal tersebut karena kartu e money ini tidak memerlukan otorisasi on-line, PIN atau bahkan tanda tangan dari pemiliknya.

Bagaimana Cara Berbelanja dengan Menggunakan E Money?

Pada saat Anda berbelanja di merchant yang menyediakan layanan e money, sebenarnya Anda tinggal membuka smartphone Anda yang sudah terinstal aplikasi e money. Setelah itu, Anda tinggal membuka aplikasi tersebut, dan melakukan transaksi dengan uang yang Anda miliki dalam aplikasi e money tersebut.

Setelah pembayaran dilakukan, Anda akan menerima pesan yang berisi PIN atau One Time Password OTP. OTP berupa kata sandi sekali pakai yang berupa enam digit angka sebagai tanda untuk beritahukan kepada penjual bahwa pembayaran telah dilaksanakan.

Ketika proses ini selesai, saldo dalam e money Anda masih belum terpotong. Sebagai catatan, OTP ini akan berlaku sampai 15 menit sebelum nantinya dipergunakan oleh si penjual.

Oleh si penjual, kode yang Anda beritahukan tersebut akan dicantumkan langsung ke EDC yang nantinya akan dilanjutkan dengan memasukkan nominal uang yang Anda bayar.

Setelah proses ini selesai, tidak lama kemudian EDC ini akan segera mencetak bukti transaksi yang telah berhasil dilakukan. Dan saat ini saldo top up Anda telah terpotong secara otomatis.

Setelah itu, ponsel Anda juga akan kembali mendapatkan pesan dari Bank atau jasa penyedia e money yang Anda gunakan untuk mengabarkan kalau semua proses pembayaran telah berhasil Anda lakukan lengkap dengan nomor referensi. Selain itu, dalam pesan ini juga akan dikabarkan sisa saldo yang Anda miliki dalam e money Anda.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here