Beranda Kesehatan Ini 5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat

Ini 5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat

166
0
Ini 5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat (Andrew Hidayat.com)
Ini 5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat (Andrew Hidayat.com)

ZERO.idIni 5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat. Keberadaan kolesterol dalam tubuh menurut Andrew Hidayat sebenarnya berguna sebagai sumber energi, membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan sebagai bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. (Baca:  3 Cara Andrew Hidayat Menata Ruang Tamu Yang Sempit Agar Terlihat Indah)

Namun menurut Andrew Hidayat, kolesterol yang tinggi dan berlebih berbahaya. Penyakit jantung dan penyakit menakutkan lainnya sering kali dikaitkan dengan masalah kolestrol.

Baca juga: 

5 Makanan Pengotrol Kolestrol Andrew Hidayat

Makanan adalah salah satu faktor utama penyebab timbulnya kolesterol menurut Andrew Hidayat, oleh karena itu memilih makanan yang tepat akan membantu terhindar dari masalah kolestrol.

Berikut beberapa menu makanan yang bisa Anda pilih,sebagaimana dilansir oleh Third Age.

1Oat.

Coba lawan kolesterol dengan mengonsumsi oat. Anda juga bisa mengonsumsi oat yang biasanya dicampur dengan sereal. Mengonsumsi oat bisa memenuhi kebutuhan serat dan menurunkan kolesterol. Akan semakin baik jika oat pada sereal dikonsumsi dengan buah-buahan seperti pisang atau strawberry.

Baca juga: 5 Manfaat Zaitun Bagi Kesehatan

2Biji-bijian.

Kacang-kacangan mengandung banyak serat larut dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Ini akan membuat Anda kenyang lebih lama. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah kacang merah, lentil, kacang hitam, dan lainnya.

3Kacang-kacangan.

Penelitian di Harvard menunjukkan bahwa beberapa jenis kacang-kacangan seperti walnut, kacang tanah, dan kacang lainnya baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Mengonsumsi dua ons kacang sehari bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat hingga lima persen.

Baca juga: Tangani Autis dengan Terapi Dini Terpadu dan Intensif

4Makanan yang mengandung sterol dan stanol.

Makanan yang mengandung sterol dan stanol membantu tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat ini bisa membantu menurunkan kolesterol jahat hingga 10 persen. Kini banyak perusahaan yang menambahkan zat ini pada makanan seperti margarin atau cokelat.

5Lemak ikan.

Mengonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dengan memberikan tubuh asam lemak omega tiga dan mengurangi kecenderungan seseorang untuk mengonsumsi daging hewan yang mengandung banyak kolesterol buruk. Asam lemak omega tiga juga diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Tanaman Obat Tradisional Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Menu makan tersebut sangat dianjurkan untuk di pilih sebgai menu makanan Anda seharai-hari, agar tidak hanya nikmat saja yang didapat tapi kesehatan juga dapat di raih. (Andrew Hidayat/ZERO.id)

Penulis: Pengalaman Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here