Presiden Kora Utara Kim Jong Un Meninggal Dunia
Presiden Kora Utara Kim Jong Un Meninggal Dunia (Foto: BBC World)

China mengerahkan sebuah tim yang juga beranggotakan beberapa pakar medis ke Korea Utara (Korut). Pengerahan ini disebut bertujuan untuk membantu memberikan saran kepada pemimpin Korut, Kim Jong-Un, yang belakangan ramai dikabarkan sedang sakit.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (25/4/2020), tiga sumber yang memahami situasi ini menuturkan bahwa sebuah tim yang terdiri atas beberapa dokter dan pejabat China telah dikerahkan ke wilayah Korut pada Kamis (23/4) waktu setempat.

Maksud dan tujuan sebenarnya pengerahan ini tidak diketahui secara jelas. Namun beberapa waktu terakhir muncul berbagai laporan soal kondisi kesehatan Kim Jong-Un yang dikabarkan memburuk usai operasi. Reuters tidak mampu menentukan apa yang diisyaratkan dari pengerahan tim medis China ke Korut ini.

Dua sumber yang dikutip Reuters menyebut bahwa delegasi yang dikerahkan ke Korut itu dipimpin oleh seorang anggota senior Departemen Penghubung Internasional pada Partai Komunis China. Departemen ini diketahui menangani urusan antara China dengan Korut.

Ketiga sumber yang dikutip Reuters enggan memberikan informasi lebih lanjut soal pengerahan tim medis tersebut. Pihak Departemen Penghubung Internasional maupun Kementerian Luar Negeri China belum bersedia memberikan tanggapan atas laporan ini.

Awal pekan ini, media online yang berbasis di Seoul, Daily NK, melaporkan bahwa Kim Jong-Un sedang dalam masa pemulihan setelah menjalani prosedur kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) pada 12 April lalu. Laporan Daily NK itu mengutip seorang sumber yang ada di Korut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here