Beranda Lifestyle Macam-Macam Pembayaran Elektronik

Macam-Macam Pembayaran Elektronik

188
0
Macam-Macam Pembayaran Elektronik
Macam-Macam Pembayaran Elektronik

ZeroMacam-Macam Pembayaran Elektronik. Dalam dunia ekonomi, manusia kuno menggunakan metode barter atau tukar menukar barang. Karena kurang praktis, barter kemudian digantikan dengan uang yang dianggap lebih praktis. (Baca juga: Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money)

Namun sekarang alat pembayaran dengan menggunakan uang cash dianggap tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan manusia modern yang dituntut serba cepat dan efisien.

Bayangkan saja jika Anda harus membayar tagihan listrik tepat waktu sedangkan Anda masih ada janji dengan rekan bisnis di luar kota atau membantu saudara jauh yang membutuhkan uang untuk biaya rumah sakit secepatnya.

Kebutuhan akan transaksi yang lebih efisien, cepat, dan praktis melahirkan berbagai jenis transaksi digital.

Baca juga: 5 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman

Macam-Macam Pembayaran Elektronik

Teknologi uang digital sebagai alat pembayaran di era modern memang berkembang seiring dengan kemajuan dunia internet. Secara sederhana uang digital bisa diartikan sebagai representasi dari uang sesungguhnya di dunia maya melalui susunan bit atau karakter dalam beberapa digit.

Jenis uang digital ini bisa bermacam – macam. Berikut ini adalah beberapa sistem pembayaran modern yang praktis, mudah dan cepat.

1Token

Pada sistem token, nasabah bisa meminta token di bank tempoatnya menyimpan uang. Pihak bank kemudian akan mendebit uang dari rekening nasabah sebanyak jumlah token yang diinginkan. Setelah itu bank akan memberikan nomor seri token.

Token tersebut berlaku seperti sebuah kupon belanja yang bisa digunakan oleh nasabah untuk berbelanja di internet. Jika ingin berbelanja, maka nasabah bisa mencairkan token yang dimiliki dengan member tahu nomor seri token yang dimilikinya.

Baca juga: 10 Sifat Cewek Yang Membuat Cowok Tambah Sayang

2Kartu Kredit

Untuk pembelian di dunia nyata, masyarakat modern biasa menggunakan kartu kredit. Kartu kredit merupakan solusi untuk mereka yang ingin berbelanja banyak namun enggan membawa terlalu banyak uang.

Selain meminimalisir resiko kejahatan, kartu kredit juga dianggap lebih praktis dan cepat.

3Transfer antar rekening

Transfer antar rekening merupakan transaksi digital yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat di era modern ini. Transfer ini sangat membantu terutama untuk melakukan pembayaran tertentu kepada individu serta digunakan sebagai alat pengiriman uang yang praktis dan cepat.

Bayangkan saja, hanya dalam hitungan detik, Anda sudah bisa mengirim uang kepada sanak famili atau membayar hutang kepada rekan bisnis Anda yang berada di luar kota bahkan di luar negeri.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here