Beranda Lifestyle Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa

Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa

131
0
Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Zero.idMenjadi Freelancer Apakah Kita Bisa. Bisa bekerja di mana pun, kapan pun tanpa harus mengenakan seragam dan berangkat ke kantor tiap pagi kemudian pulang kembali di sore hari, tampaknya merupakan impian hampir setiap orang. Dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menjadi pekerja lepas atau freelance yang bekerja secara independent. (Baca juga: Antioksidan, Senjata Paling Ampuh Tangkis Penuaan Dini)

Bekerja sebagai tenaga freelance merupakan hal mulai menjadi tren di dalam masyarakat Indonesia. Namun, tak seperti yang diidamkan banyak orang, bekerja sebagai freelance bukan hal mudah yang bisa dilakukan sembarang orang. Jika Sobat ZeroID berfikir sebagai seorang freelance akan meringankan beban kerja kita, maka Sobat ZeroID harus mengubah pandangan tersebut. Pasalnya, meskipun memiliki keleluasaan dalam melakukan pekerjaannya, tanggung jawab seorang freelancer tak berbeda dengan pegawai tetap kantor. Bahkan, bisa dikatakan lebih besar.

Baca juga: 

Pertimbangan Menjadi Freelancer

Jadi, jika bekerja sebagai pegawai lepas sempat terbesit di benak Sobat ZeroID, maka Sobat Kampus harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum benar-benar memutuskan untuk melepas pekerjaan tetap dan menjadi freelancer.

Pertimbangan pertama tentunya adalah tabungan yang cukup untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari, setidaknya untuk satu hingga dua bulan mendatang. Pasalnya, sebagai seorang pekerja lepas, tak akan ada lagi orang yang akan memberikan gaji tiap bulan. Selain itu, seorang menjadi pegawai lepas berarti kita harus mencari klien membutuhkan tenaga kita yang belum tentu akan selalu kita peroleh tiap bulan. Terutama, bagi para freelancer pemula yang belum memiliki banyak pengalaman. Oleh karena itu, sebagai seorang freelancer kita harus pandai menjalin relasi dan ‘mempromosikan’ diri sendiri.

Baca juga: Macam-Macam Pembayaran Elektronik

Keahlian menjalin relasi menjadi poin berikutnya yang harus dipertimbangkan. Jika ingin menjadi seorang freelancer, kita harus pandai mencari peluang dan informasi agar orang-orang tertarik menggunakan jasa kita.

Tidak hanya itu, menjadi seorang freelancer tak ubahnya menjadi seorang pebisnis yang mengelola usahanya sendiri. Kita perlu mengelola keuangan, mengatur pembagian waktu pengerjaan proyek-proyek yang kita kerjakan, menjaga hubungan dengan klien dan tetap harus mengerjakan pekerjaan utama.

Baca juga: Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money

Meskipun tampaknya sulit dan banyak yang harus dikerjakan, bukan berarti Sobat Kampus tidak bisa menjadi pegawai lepas. Jika Sobat Kampus merasa pilihan tersebut adalah yang terbaik, dengan kerja keras dan ketekunan, tentu Sobat ZeroID pun bisa menjadi seorang freelancer yang sukses.

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here