Beranda Lifestyle Sulitkah Mencari Pekerjaan?

Sulitkah Mencari Pekerjaan?

30
0
Sulitkah Mencari Pekerjaan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Sulitkah Mencari Pekerjaan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

ZERO.idSulitkah Mencari Pekerjaan? Memperoleh pekerjaan adalah hal yang susah. Ribuan pelamar bersaing untuk bisa menjadi bagian dari suatu perusahaan. Ribuan lulusan perguruan tinggi maupun sekolah menengah berebut demi mencari nafkah. Tak jarang kita membaca, atau mendengar pernyatan-pernyataan betapa banyak angka pengangguran Indonesia.

Baca juga: 

Mencari Pekerjaan Tidaklah Sulit

Tapi, apakah benar memperoleh pekerjaan adalah hal yang sulit? Bukankah jika kita mengunjungi situs-situs pencarian lowongan pekerjaan, ada beragam kesempatan yang ditawarkan berbagai jenis perusahaan. Mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga pariwisata dan perhotelan. Pun ketika kita mengunjungi acara-acara career fair, kita akan menemukan puluhan perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja.

Baca juga: Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa

Melihat kenyataan tersebut, tampaknya kesulitan memperoleh pekerjaan bukan berasal dari kurangnya lapangan kerja, melainkan kurangnya keterampilan yang dimiliki para pelamar. Sementara pendidikan formal masih menjadi kualifikasi utama dalam memilih pelamar, terbukti keahlian-keahlian lain pun tak kalah penting. Terutama, untuk tipe tenaga administrasi dan perkantoran yang tidak  memerlukan professional skill tertentu. Hal ini terbukti dari banyaknya lowongan pekerjaan yang tidak menyebutkan jurusan spesifik dalam syarat pendaftarannya, melainkan lebih menekankan pada kemampuan umum yang bisa dikuasai tiap orang.

Baca juga: Antioksidan, Senjata Paling Ampuh Tangkis Penuaan Dini

Keterampilan dan Pengalaman Kerja

Kemampuan dan keahlian umum yang banyak diperlukan di perkantoran di antaranya adalah kemampuan dasar mengoperasikan komputer, termasuk keahlian menggunakan perangakat lunak seperti Microsoft Word dan Excel. Selain itu, penguasaan bahasa asing juga masih menjadi nilai tambah bagi para job seeker, terutama jika bergabung dalam perusahaan asing atau multi nasional. Dua kemampuan bahasa asing yang umum dicari adalah Bahasa Inggris dan Mandarin.

Baca juga: Macam-Macam Pembayaran Elektronik

Selain keahlian umum di atas, soft skill pun menjadi requirement utama yang diajukan perusahaan yang membuka kesempatan kerja. Kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan beradaptasi merupakan contoh soft skill yang diinginkan perusahaan untuk dimiliki karyawannya.

Jadi, jika Sobat Kampus sedang sibuk mencari-cari pekerjaan, pastikan Sobat Kampus memiliki kemampuan dasar yang banyak dibutuhkan tersebut. Pertajam kemampuan mengoperasikan komputer, perdalam kemampuan berbahasa Inggris, serta tingkatkan soft skill. Dengan berbekal ketiga hal tersebut, Sobat Kampus tak perlu lagi khawatir tidak memperoleh kesempatan untuk bekerja, meskipun tanpa gelar dan pendidikan formal yang tinggi.

Baca juga: Belanja Online Kini Lebih Mudah Dengan Adanya e-Money

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here