Beranda Kesehatan Tempe Makanan Sederhana Penuh Khasiat untuk Kesehatan

Tempe Makanan Sederhana Penuh Khasiat untuk Kesehatan

161
0
Tempe Makanan Sederhana Penuh Khasiat untuk Kesehatan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)
Tempe Makanan Sederhana Penuh Khasiat untuk Kesehatan - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

ZEROidTempe Makanan Sederhana Penuh Khasiat untuk Kesehatan. Siap sangka, makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini walaupun terbilang sederhana, tapi rasanya sangat nikmat dan juga penuh khasiat.

Tempe, makanan ini bukan saja enak, tapi bervitamin dan memiliki kandungan yang menguntungkan. Protein nabatinya mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh. Harganya juga sangat terjangkau. (Baca juga: 10 Ciri-ciri Tas Wanita yang Bermerek Asli atau Bodong)

Meski murah dan sederhana, ternyata tempe punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahkan bukan hanya orang Indonesia saja yang mengakui kelezatan dan manfaatnya, dunia pun sudah mengakui manfaatnya.

Baca juga: 

Dilansir dari laman World’s Healthiest Foods dalam 113,40 gram tempe terkandung banyak nutrisi yang menguntungkan tubuh, antara lain, mangan (73 %), protein (41,2%), tembaga ( 30,5%), fosfor (28,6%), vitamin B2 (23,5%), magnesium (21,8%) kalori (12%).

Dengan dikeluarkannya bagan nutrisi oleh World’s Healthiest Foods maka dunia pun turut mengakui manfaat kesehatan dari makanan hasil fregmentasi kedelai itu.

Inilah manfaat tempe yang perlu Anda ketahui:

1Menyehatkan jantung

Berbagai penelitian membuktikan bahwa protein dari kedelai dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke sebanyak 35-40 persen. Tempe juga kaya akan serat sehingga bisa mengikat lemak dan kolesterol dalam makanan.

Baca juga: 6 Laman Penolong Mahasiswa

2Menstabilkan gula darah

Protein dan serat dalam tempe mencegah kadar gula tinggi dan menjaga agar kadar gula darah tetap terkendali. Mengonsumsi tempe dapat membantu para penderita diabetes mendapat asupan protein dengan kadar kolesterol rendah.

3Sumber energi

Tempe juga mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang mudah dicerna dan sifatnya larut dalam air. Riboflavin memiliki peranan penting dalam metabolisme energi dan juga dibutuhkan dalam metabolisme karbohidrat, protein, lemak dan zat keton. Selain itu, vitamin ini berperan dalam pembentukkan sel darah merah.

Baca juga: Menjadi Freelancer Apakah Kita Bisa

4Mengurangi resiko kanker

Makanan berbasis kacang kedelai akan melindungi tubuh dari kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar serta menekan induksi tumor pada berbagai organ.

5Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tempe mengandung serat makanan yang berperan dalam mengikat lemak dan kolesterol, sehingga tempe memiliki potensi untuk membantu menurunkan dan mengontrol berat badan serta menjaga kesehatan sistem pencernaan dan usus.

Baca juga: Antioksidan, Senjata Paling Ampuh Tangkis Penuaan Dini

6Protein setara daging

Berbeda dengan produk daging yang menambah kolesterol jahat, protein yang dikandung kedelai cenderung menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena itulah, tempe lebih banyak dipilih sebagai bahan makanan pengganti daging yang lebih sehat.

Baca juga: Macam-Macam Pembayaran Elektronik

Demikianlah ulasan manfaat tempe yang memberikan khasiat untuk kesehatan, so jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi tempe.!

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here